Perawatan Mobil

5 Hal Wajib Perawatan Mobil

5 Hal wajib perawatan mobil; Perawatan mobil merupakan kegiatan penting yang harus Anda lakukan sebagai pengendara. Hal ini bertujuan agar mobil Anda lebih awet dan dapat digunakan untuk waktu yang lebih lama. Selain itu dengan kondisi mobil yang baik tentunya akan memberikan kenyamanan bagi Anda dan dapat menjaga nilai jual mobil tetap tinggi. Naah! berikut tip-tip perawatan mobil secara berkala yang wajib Anda ketahui :

    Pertama – Perawatan Mobil dengan Cek Oli Mesin Berkala

Oli mesin berfungsi agar mesin mobil terhindar dari karat,sebagai pendingin mesin, peredam getaran, mengurangi gesekan dari mesin yang terus bekerja dan menjaga mesin dari kotoran. Perawatan berkala oli mesin harus diganti pada setiap 5000 – 10000 km dari jarak tempuh mobil. Semakin tinggi jarak tempuh mobil Anda, maka daya pakai oli mesin akan terus menurun.

Oli mesin sangat penting diperhatikan agar mesin mobil Anda dapat berkerja secara optimal. Perhatikan jarak tempuh yang telah tercapai dan lakukan pengecekan langsung dari oli mesin Anda apakah di oli mesin terjadi perubahan warna oli, ataupun tekstur cairan oli yang sudah memiliki serpihan kotoran. Segera lakukan pergantian oli mesin jika kondisi tersebut terjadi pada oli mesin mobil Anda.

Baca Juga :Tip Mengenal Informasi Anti Hoax

    Kedua – Cek Air Radiator

Air radiator mobil Anda sangat berfungsi untuk mengurangi panas yang dapat mendinginkan mesin pada saat berkendara. Lakukan pengecekan terhadap air radiator mobil Anda secara berkala. Jika volume air radiator Anda berkurang atau bahkan habis maka akan mengakibatkan overheat atau temperatur mesin mobil akan tinggi. Hal ini bisa saja menyebabkan keluarnya asap pada mesin hingga memicu percikan api pada mobil Anda.

Secara rutin bersihkan tangki radiator mobil ,mulai dari penutup radiator, selang dan klem selang. Pengisian radiator sebaiknya Anda menggunakan cairan radiator coolant yang dikhususkan untuk menjaga temperatur mobil. Hindari pemakain air keran karena memiliki kandungan zat yang dapat menyebabkan korosi pada tangki radiator mobil Anda.

    Ketiga – Cek Kondisi Aki Mobil

Aki mobil merupakan salah satu komponen yang sangat vital sebagai sumber kelistrikan pada mobil Anda. Jika mobil Anda menggunakan aki basah, maka pastikan volume air aki berada pada level garis batas penanda yang terdapat pada aki. Selain itu Anda juga bisa melakukan pengecekan menggunakan voltmeter untuk mengukur tegangn aki mobil Anda.

Jika aki mobil tidak berfungsi dengan baik, maka akan mengakibatkan disfungsi komponen lain mobil seperti tidak bisa melakukan starter mobil, tidak menyalanya kelistrikan lampu dan audio mobil. Jika mobil Anda dalam kondisi tersebut segera lakukan pengecekan aki mobil.

    Keempat – Perawatan Mobil dengan Cek Kabel dan Lampu Mobil

    Selain melakukan pengecekan pada aki mobil sebagai sumber kelistrikan mobil, Anda juga harus memperhatikan kabel dan lampu pada mobil. Perhatikan kabel yang berada pada mobil Anda, apakah terdapat kabel yang sudah rusak, kendur ataupun hampir putus. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya konsleting pada mobil jika tidak dilakukan perbaikan.

    Kondisi lampu juga harus Anda lakukan pengecekan secara berkala, hitung usia pakai dari lampu mobil Anda dan perhatikan apakah nyala lampu mobil masih dalam pencahayaan normal. Jika lampu sudah mulai redup ataupun sudah mati, lakukan pergantian agar tidak membahayakan Anda dan pengendara lain terutama pada saat berkendara di malam hari.

    Baca Juga: Seputar Informasi Pinjaman Online

      Kelima – Pastikan Ketebalan & Tekanan Ban

    Ban mobil merupakan komponen yang paling rentan mengalami kerusakan sebab ban sebagai penopang berat dari beban kendaraan. Lakukan pengecekan terhadap ban dan tekanan mobil Anda secara berkala minimal 1 bulan sekali terutama jika akan melakukan perjalanan jauh. Kondisi ban yang sudah tidak baik dan tekanan ban yang tidak pas dapat membahayakan Anda saat berkendara. Periksa kondisi ban mobil Anda apakah terdapat kerusakan pada bentuk ban yang seharusnya. Pastikan tekanan ban sesuai dengan standar pengisian yang dianjurkan untuk ban depan dan ban belakang mobil Anda. Tekanan angin pada ban yang sesuai akan meningkatkan kestabilan Anda saat berkendara dan juga dapat memperpanjang usia pakai dari ban mobil Anda.

    Semoga informasi tersebut bermanfaat dan berguna untuk memastikan mobil kesayangan Anda tetap terawat dan bagus untuk selalu menemani keseharian Anda.

    Jika Anda ingin merasakan pencairan dana cepat? Jangan sungkan-sungkan ajukan lewat DANAMODAL.ID dan dapatkan kecepatan serta keamanan berskala prioritas.


    Klik : Ajukan Pinjaman Modal Online

2 Comments

Comments are closed.

Scroll to Top